Latihan Soal US SD/MI 2014

Latihan Soal US SD/MI 2014
Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan Sekolah dasar / Madrasah Ibtidaiyah tetap akan digelar pada tahun 2014 dengan nama Ujian Sekolah SD/MI yang bersifat nasional. Nama lain untuk US SD/MI telah dirumuskan oleh Pemerintah. Sementara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memutuskan Ujian Nasional (UN) hanya diwajibkan bagi jenjang SMP, SMA dan SMK. Penyelenggaraan US SD/MI tampaknya diserahkan pada kebijakan Pemerintahan Daerah dalam hal ini Provinsi.
Sebagai contoh Dinas Pendidikan Provinsi yang tetap akan menggelar Ujian Nasional SD/MI adalah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY (daerah Istimewa Yogyakarta).

Berikut latihan soal US SD/MI tahun 2014, yang sudah bisa diunduh :
  1. Latihan Soal Bahasa Indonesia US SD/MI | Silakan unduh disini
  2. Jawaban Latihan Soal Bahasa Indonesia US SD/MI | Silakan unduh disini
  3. Latihan Soal IPA US SD/MI | Silakan unduh disini
  4. Pembahasan Latihan Soal IPA US SD/MI | Silakan unduh disini
  5. Latihan Soal Matematika US SD/MI | Silakan unduh disini
  6. Pembahasan Latihan Soal Matematika US SD/MI | Silakan unduh disini
US SD merupakan singkatan dari Ujian Sekolah untuk Sekolah dasar (disingkat SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sekolah dasar (disingkat SD) adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama (atau sederajat).
Sementara untuk daerah lain seperti Jawa Timur contohnya Surabaya seperti disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Eko Prasetyaningsih bahwa, pihaknya masih belum mendapat kepastian apakah akan berubah menjadi ujian daerah untuk jenjang SD. Pihaknya masih menunggu resminya.
Meskipun demikian, segala teknis pelaksanaan ujian daerah masih sama persis dengan UN pada tahun 2012/2013. Dia mencontohkan mengenai pembuatan naskah soal. Menurut Eko, komposisi naskah soal tetap dibuat oleh provinsi sebanyak 75 persen dan 25 persen pusat. Kemungkinan hanya akan ganti nama menjadi ujian daerah. Tapi, ini juga penting agar prosedur ujian tidak lagi panjang.
Semoga Latihan Soal Ujian Sekolah SD/MI tahun 2014 yang kami sampaikan dapat membantu para siswa menghadapi Ujian Sekolah tahun 2014. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!

No comments:

Post a Comment