Prediksi soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK 2015

Menurut kalender pendidikan SMA/MA/SMK tahun pelajaran 2014/2015, Ujian Nasional atau yang biasa disebut UN SMA, SMK dan sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 13 s.d 16 April 2015 dan untuk susulan UN 2015 akan dilaksanakan pada 20 s.d 23 April 2015. UN 2015 merupakan UN pertama pada Kurikulum 2013 (Kurtilas) apakah akan ada yang berbeda dengan Ujian Nasional sebelumnya? Kita tunggu saja, mudah-mudahan bisa semakin "mempermudah" para siswa dalam mengerjakannya.

Hasil Ujian Nasional (UN) 2015 tidak akan lagi menjadi penentu kelulusan, tetapi fungsi UN sebagai pemetaan dan syarat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Pemetaan yang dimaksud adalah untuk mengetahui poisis siswa, sekolah atau daerah secara nasional.

Sehingga ketika siswa menerima hasil UN, dia tahu posisinya ada dimana dan bukan dinyatakan LULUS atau TIDAK LULUS. Pemetaan tersebut tidak secara umum per mata pelajaran, melainkan terdapat komponen-komponen yang lebih detail. Misalnya di mata pelajaran matematika, siswa memiliki kekuatan dalam trigonometri, namun kelemahan dalam bangun-ruang. Begitu juga dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Siswa bisa saja memiliki kompetensi baik dalam membaca wacana, namun lemah dalam prosa.

Dari pemetaan tersebut siswa yang belum memenuhi kompetensi nasional bisa mengulang UN di tahun berikutnya meski ia telah dinyatan LULUS sekolah.


“Yang diberikan kesempatan yang nilainya kurang. Opsional. Tidak ada kewajiban mengulang. Tapi jika dirasa ingin mengulang, boleh,” ujar Mendikbud

Kutipan di atas tentunya sedikit mengurangi beban siswa yang merasa ketakutan karena pada tahun ajaran yang lalu UN merupakan ujian penentu kelulusan sekolah. Terlepas dari semua itu, para siswa yang tahun ini akan mengikuti ujian nasional sebaiknya mempersiapkan diri dengan terus belajar yang rajin agar diperoleh hasil terbaik.

Prediksi soal UN SMA MA SMK 2015

Bagi adik-adik yang duduk di bangku SMA/MA/SMK dan tahun ini akan mengikuti Ujian Nasional, alangkah lebih baik mempersiapkan mental dan kemampuan untuk mengikuti UN mulai dari sekarang. Salah satunya adalah dengan terus belajar dan mempelajari prediksi soal UN 2015
atau mempelajari dari soal-soal UN tahun sebelumnya. Berikut terdapat beberapa materi pelatihan soal UN yang diambil dari soal-soal UN pada tahun sebelumnya.

Prediksi soal UN SMA/MA 2015

Program studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Program studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)


Prediksi soal UN SMK 2015


Demikian beberapa contoh soal yang diprediksi akan kembali muncul pada UN SMA/MA/SMK 2015. Untuk update terbaru mengenai contoh soal dan kisi-kisi UN 2015 aka di update secara berkala. Selamat belajar!

No comments:

Post a Comment